Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei Big Data, Percakapan Dengan Sentimen Positif Mengenai Prabowo-Sandi Lebih Tinggi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Minggu, 14 April 2019, 09:06 WIB
Survei Big Data, Percakapan Dengan Sentimen Positif Mengenai Prabowo-Sandi Lebih Tinggi
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno/RMOL
rmol news logo Dalam sebulan terakhir pembicaraan di dunia maya mengenai Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno lebih banyak yang bernuansa positif daripada yang bernuansa negatif.

Dari data pembicaraan di media sosial yang dikumpulkan antara tanggal 11 Maret hingga 9 April 2019, Menara Digital Network mencatat percakapan dengan sentimen positif mengenai Prabowo dan Sandi sebesar 63,4 persen.

Adapun percakapan dengan sentimen negatif mengenai keduanya hanya sebesar 17,3 persen. Sisanya, 19,3 persen berupa sentimen netral.

Di sisi lain, percakapan dengan sentimen positif mengenai Jokowi dan Maruf Amin hanya sebesar 51,1 persen, dengan sentimen negatif sebesar 27,2 persen dan netral sebesar 21 persen.

Total percakapan yang dianalisa Menara Digital sebanyak 6.034.878 pembiciaraan. Dari angka ini sebanyak 3.002.779 terkait dengan Jokowi dan Maruf (49,8 persen). Sementara yang terkait dengan Prabowo dan Sandi sebanyak 3.032.099 atau 50,2 persen.

“Data yang diambil dari postingan yang mengandung kata kunci Joko, maruf, Prabowo dan Sandiaga, dan semua variasi penulisannya,” tulis Menara Digital dalam rilis yang diterima redaksi.

Data dalam survei tersebut dikumpulkan secara real time dari berbagai media sosial yang ada di Indonesia, baik Facebook, Twitter, Youtube, forum online dan news portal. Menara Digital juga melakukan filter dan mengeluarkan akun bot atau palsu dari analisa yang dilakukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA