Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Viral Video Ahok Emosi Saat Akan Mencoblos Di Osaka Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 15 April 2019, 09:07 WIB
Viral Video Ahok Emosi Saat Akan Mencoblos Di Osaka Jepang
Basuki Tjahja Purnama alias Ahok/Net
rmol news logo Proses pemungutan suara Pilpres 2019 di Jepang sempat ramai. Keramaian terjadi karena Eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sempat marah terhadap petugas pemungutan suara di Konjen RI di Osaka, Jepang, Minggu (14/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kemarahan Ahok terekam jelas dan video yang viral di media sosial. Dalam video itu, Ahok yang mengenakan kemeja putih, merasa kecewa karena merasa penitia pemungutan suara keliru dalam melaksanakan tugasnya.

Di awal video, Ahok menjelaskan kepada petugas pemungutan suara bahwa dirinya sudah dari dua bulan lalu mengurus kepindahan lokasi memilihnya ke Osaka Jepang, dan namanya sudah terdaftar sebagai pemilih di Osaka dengan urutan nomor 8 di DPT.

Kemudia, Ahok mulai emosi lantaran melihat petugas lebih mendahulukan pemegang paspor daripada orang yang sudah terdaftar sebagai pemilih tetap. Alhasil, Ahok mempertanyakan hal itu kepada petugas pemungutan suara.

"Bagaimana kalau orang-orang ini (pemilik paspor) balik ke Jakarta, lalu menggunakan hak pilihnya (lagi) di Jakarta atau di tempat lain. Saya tidak punya hak pilih lagi di Jakarta karena sudah dipindahkan ke Osaka," kata Ahok dengan nada tinggi.

Kemarahan itu, kata Ahok, karena dia khawatir ketika mendapat giliran, surat suara habis. Pasalnya, petugas di lapangan mendahulukan WNI yang menggunakan paspor untuk mencoblos dibanding yang sudah terdaftar di DPT.

Menurut AHok, petugas pemungutan suara sudah melanggar undang-undang jika mendahalukan WNI yang menggunakan paspor untuk mencoblos dibanding yang terdaftar di DPT.

“Jika bapak mendahulukan yang pakai paspor dibanding yang terdaftar di DPT, bapak melanggar. Saya ini anggota DPR RI Komisi II, saya yang bikin peraturan ini dulu,” tegas Ahok. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA