Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masyarakat Sudah Cerdas, Lihat Rekam Jejak Calon Sebelum Memilih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 15 April 2019, 18:11 WIB
Masyarakat Sudah Cerdas, Lihat Rekam Jejak Calon Sebelum Memilih
Foto:Net
rmol news logo . Masyarakat pemilih kini telah cerdas. Sebab sebelum menentukan pilihannya, mereka akan melihat rekam jejak dari para calon terlebih dahulu.

Psikolog, Ratih Ibrahim mengatakan, kasus korupsi dan skandal pribadi akan sangat mempengaruhi psikologi pemilih. Mereka akan ogah memilih para calon yang dikenal memiliki aib.

"Kasus-kasus aib tersebut punya potensi mempengaruhi psikologi pemilih. Ada trust yang jadi terganggu dan rusak," katanya kepada wartawan, Senin (15/4).

Para caleg yang memiliki aib itu hanya akan mendapatkan kepercayaan jika para pemilih tak mau ambil pusing dengan segala skandal korupsi maupun pribadi orang yang akan mewakili mereka.

Tak jauh beda, psikolog sosial UGM, Koentjoro mengatakan jika pemilih berpikir rasional, kepribadian calon legislatif mempengaruhi psikologi pemilih rasional dalam menentukan pilihan politiknya pada Pemilu.

"Tapi kalau kepatuhan sudah terbentuk pemilih akan membela dan merasionalkan kenapa perilaku caleg itu dapat terjadi," ujar Koentjoro dalam pesan singkatnya.

Sebelumnya, heboh di media sosial Twitter dengan foto-foto mesum caleg partai Demokrat berinisial F, dan juga skandal yang melibatkan keluarga caleg Partai Gerindra berinisial S. Selain skandal pribadi, sejumlah caleg juga terjerat kasus korupsi dan narkotika.

Bukan hanya itu, Pada 11 April 2019 lalu, seorang caleg dari Partai Gerindra berinisial AM asal Kota Bandung, Jawa Barat, ditangkap Polda Jawa Barat. Dia ditangkap polisi karena kedapatan menggunakan sabu seberat 0,6 gram. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA