Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Analisa Big Data: Pilpres Sudah Selesai, Prabowo-Sandi Berjaya Sebagai Pemenang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 15 April 2019, 20:59 WIB
Analisa Big Data: Pilpres Sudah Selesai, Prabowo-Sandi Berjaya Sebagai Pemenang
Sebaran perbincangan di dunia maya sepanjang tanggal 14 April 2019/riset Evello
rmol news logo Pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo-Sandi diprediksi bakal perkasa di Pilpres 2019. Hal itu merujuk dari riset Evello Interest berdasarkan lintasan digital dua paslon di sosial media Youtube, Facebook, Twitter, dan media online pada masa tenang kampanye pertama, yakni Minggu (14/4).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Dari sisi bigdata analitik, Pilpres sudah selesai dan telah menghasilkan pemenang. Berdasarkan data yang dirangkum Evello, Insya Allah pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berjaya sebagai pemenang Pilpres 2019," kata Researcher Evello, Ario Agung Sumantri, Senin (15/4).

Terhitung hari tenang pertama, Evello mencatat pasangan Prabowo-Sandi dibicarakan sebanyak 1.214.592 atau 55.872 persen, sedangkan petahana Jokowi-Maruf 959.278 kali atau 44.128 persen.

"Gambaran kondisi ranah digital pada hari Minggu, 14 April, Prabowo-Sandi masih memimpin. Distribusi percakapan yang melibatkan kedua paslon, supremasi kandidat penantang juga masih belum sanggup dilampaui oleh kubu petahana," imbuhnya.

Ia menjelaskan, sosial media dan media online merupakan sumber informasi kaya tentang apa yang pengguna rasakan. Besarnya data dan pertumbuhan yang sangat cepat dengan beragam format inilah yang disebut sebagai bigdata.

"Setiap orang pun dengan bebas menyuarakan pendapat dan pemikirannya terhadap setiap kandidat tersebut. "Secara online real time ini, semua tercatat dengan baik di platform media sosial," lanjut Ario.

Data sajian Evello selama ini adalah cermin dukungan seiring dengan tingkat kepentingan serta kuantitas dan kualitas orang menggunakan media sosial. Bigdata analitik pun dapat lebih banyak membantu dalam proses kampanye daripada hanya digunakan untuk membantu menentukan pemenang pemilihan umum. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA