Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Undang Parlemen Asing Pantau Pemilu Serentak 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 16 April 2019, 16:16 WIB
DPR Undang Parlemen Asing Pantau Pemilu Serentak 2019
Kompleks Gedung Parlemen RI/Net
rmol news logo Sebagai bagian untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan negara demokratis terbesar di dunia, DPR RI mengundang anggota parlemen negara sahabat untuk menyaksikan langsung proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Tanah Air.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengatakan, undangan sejenis ini baru pertama kali dilakukan oleh Senayan.

“Ini adalah Pemilu serentak pertama yang kita laksanakan, baik Pilpres maupun Pileg,” ucap Fadli usai memberi sambutan dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Election Visit Indonesia 2019, di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/4).

Fadli menambahkan, parlemen asing yang konfirmasi antara lain Parlemen Turki, Malaysia, Pakistan, Rusia dan dua organisasi internasional seperti Organisasi Konferensi Islam dan Westminster Foundation for Democracy (WFD) Inggris.

Sementara, Parlemen Amerika dan Australia tidak dapat memenuhi undangand ari DPR RI.

Para undangan, disebut Fadli, akan memantau ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Jabodetabek. Dari sana, para pemantau akan melihat dari dekat rakyat Indonesia memberikan suaranya.

“Kita ingin menunjukkan bahwa proses demokrasi di Indonesia merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari agenda politik nasional yang cukup unik. DPR baru pertama kali mengundang. Biasanya yang mengambil inisiatif KPU (Komisi Pemilihan Umum). Tapi di negara-negara lain juga parlemennya biasa mengundang bila ada Pemilu,” terang politisi Partai Gerindra itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA