Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kisruh Pemilu Luar Negeri Dari Kacamata Jusuf Kalla

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 16 April 2019, 21:45 WIB
Kisruh Pemilu Luar Negeri Dari Kacamata Jusuf Kalla
Wakil Presiden Jusuf Kalla/Net
rmol news logo Kisruh Pemilihan Umum Indonesia yang digelar di luar negeri ditanggapi oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla.

Menurut Kalla, masalah seperti antrean panjang hingga masalah lain yang dihadapi Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) terjadi karena antusias masyarakat yang lebih tinggi dibandingkan Pemilu sebelumnya.

"Di luar negeri karena akibat antusias yang terlalu tinggi dari Pemilu sebelumnya. Fasilitas tidak mencukupi. Harus ada evaluasi," kata JK dalam acara ILC, Selasa (16/4).

Selain itu, Pemilu 2019 yang dilakukan secara serentak antara Pemilihan Presiden dan Legislatif juga menjadi kendala tersendiri.

"Masalah yang timbul karena rumitnya Pemilu ini, menggabungkan Pileg dan Pilpres itu masalah. Orang banyak yang tidak mengetahui Pileg karena yang mucul di media Pilpres, padahal pileg penting," imbuhnya.

"Menggabungkan dua hal inilah yang mengakibatkan isu di masyarakat terjadi. Kampanye antara partai dan caleg, di atas ada Pilpres. Ini yang perlu dievaluasi," tegasnya.

Soal lain yang disinggung JK adalah masa kampanye calon presiden dan wakil presiden yang dianggap terlalu lama.

"Kampanye 7 bulan itu cukup melelahkan untuk kita, termasuk rakyat yang mendengarkan perdebatan sehari-hari," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA