Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Baik Rekomendasi Bawaslu, Kasus Surat Suara Malaysia Harus Diusut Tuntas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 17 April 2019, 01:10 WIB
Sambut Baik Rekomendasi Bawaslu, Kasus Surat Suara Malaysia Harus Diusut Tuntas
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Pengawas Pemilu merekomendasikan agar Komisi Pemilihan Umum melakukan pemungutan suara ulang di Malaysia.

Sebab Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) terbukti secara sah dan meyakinkan tidak menjalankan tugas secara objektif, transparan dan profesional.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Kedaikopi Kunto Adi Wibowo mengaku sangat mengapresiasi rekomendasi tersebut. Langkah itu bisa menghadirkan pemilu yang berkualitas.

"Walaupun kalau kita lihat respon dan rekomendasi Bawaslu sedikit terlambat," katanya kepada wartawan, Selasa (16/4).

Keterlambatan berujung pada merebaknya narasi spekulatif di masyarakat. Ujungnya, hal itu justru menciptakan keraguan masyarakat tentang adanya pemilu yang jujur dan adil.

Sebelumnya, viral video yang memperlihatkan tenaga kerja Indonesia di Malaysia bersama beberapa pihak menggerebek sebuah gudang yang berisi surat suara sudah dicoblos. Mereka menemukan surat suara sudah dicoblos untuk pasangan capres Joko Widodo-Maruf Amin.

Juga surat suara caleg yang sudah dicoblos ke beberapa nama, salah satunya caleg Partai Nasdem Davin Kirana yang merupakan putra dari Dubes RI untuk Malaysia Rusdi Kirana.

Maka dari itu, semua penyelanggara pemilu diminta untuk segera mengusut tuntas kasus tersebut.

"Apalagi kita bisa melihat apa yang terjadi di Malaysia menguntungkan salah satu kandidat," imbuh Kunto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA