Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi-Maruf Unggul Di Rusia, Caleg PSI Dapat Suara Terbanyak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 19 April 2019, 03:11 WIB
Jokowi-Maruf Unggul Di Rusia, Caleg PSI Dapat Suara Terbanyak
Foto/KBRI Moskow
rmol news logo Warga Indonesia di Rusia antusias menyaksikan penghitungan perolehan surat suara Pemilu 2019.

Kegiatan penghitungan surat suara disaksikan langsung Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus M. Wahid Supriyadi, segenap staf KBRI Moskow dan sebagian warga Indonesia yang berdomisili di sekitaran Moskow.

Dubes Wahid menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja keras PPLN dan KPPSLN Moskow dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan Pemilu 2019.

"Saya juga sangat mengapresiasi partisipasi warga Indonesia di Rusia yang sangat antusias dan tertib untuk menyalurkan hak suara mereka pada Pemilu 2019 di Moskow tanggal 14 April lalu dan juga yang hadir memantau penghitungan suara," jelasnya dalam keterangan pers.

Hasil pemungutan suara di Federasi Rusia dan Republik Belarus menempatkan pasangan capres Joko Widodo-Maruf Amin unggul dengan 404 suara atau 71,4 persen yang terdiri dari 272 suara dari TPSLN dan 132 suara melalui pos. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 149 suara (26,3 persen) yang terdiri dari 91 suara TPSLN dan 58 suara melalui pos.

Terdapat 13 surat suara tidak sah (2,3 persen) yang terdiri dari tujuh surat suara TPSLN dan enam surat suara dari pos.

Jumlah keseluruhan surat suara yang diterima PPLN Moskow sebanyak 566 yang terdiri dari 370 surat suara TPSLN dan 196 surat suara pos.

"Tingkat partisipasi warga Indonesia di Rusia pada pemilu kali ini cukup tinggi yaitu 63,5 persen yang hadir di TPSLN dan melalui pos 38,2 persen," jelas Dubes Wahid.

Yang menarik adalah munculnya caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany yang mendapatkan suara terbanyak dan unggul. Tsamara berhasil meraih 58 suara, sementara DR. Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memperoleh 39 suara dan Eriko Sotarduga dari PDI Perjuangan (PDIP) mendapat 25 suara. rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA