Jokowi-Maruf Menang Di Panama

Jumat, 19 April 2019, 07:57 WIB | Laporan: Aprilia Rahapit

Jokowi-Maruf/Net

Perhitungan suara hasil pemilu 2019 hasil dari proses pemungutan suara pada Kamis (17/4) di luar negeri salah satunya di Panama, calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin dan Partai PDI Perjuangan unggul.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Panama menyampaikan total pemilih WNI yang menggunakan hak suara yang terdaftar KBRI Panama City baik dari Panama, Honduras, Kosta Rika, dan Nikaragua dengan total 96 orang.

Masing-masing dari total tersebut yakni 39 melalui TPS, dan KSK 48 pemilih dan melalui pos 9 surat suara. Dari 13 surat suara yang dikirimkan melalui pos terdapat 2 surat suara yang retur yakni alamat tidak dapat ditemukan dan 2 suara tidak kembali.

Dalam penghitungannya calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin unggul dengan perolehan suara sebanyak 69 suara, sementara pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 25 suara dan surat suara yang tidak sah sebanyak 2 suara.

Sementara itu untuk penghitungan calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Partai PDI Perjuangan unggul 42 suara, Gerindra 17  suara, PSI 17 suara, Golkar 5 suara, PPP 3 suara, Demokrat 3 suara, PKS 2 suara, Nasdem 2 suara, Berkarya 1 suara, Perindo 1 suara dan surat suara tidak sah 3 suara.

Diketahui dalam penghitungan tersebut disaksikan oleh Duta Besar Budhy Santoso bersama staf KBRI termasuk WNA pegawai setempat dan WNI yang berdomisili di Panama City.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


loading