Bawaslu: Kawal Proses Rekapitulasi, Awasi Jangan Sampai Salah Input

Sabtu, 20 April 2019, 15:21 WIB | Laporan: Idham Anhari

Bawaslu dan KPU/RMOL

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan meminta agar masyarakat mengawasi proses rekapitulasi suara yang saat ini masih di tingkat Kecamatan. Pengawasan penting agar tidak ada kejadian salah input data ke KPU.

“Awasi betul, jangan sampai kalau ada hal-hal yang tidak kita inginkan misalnya ada data salah, kemudian tanpa terkoreksi. Jadi kalau ada data yang salah input dan lain sebagainya direkap PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) itulah awal untuk melakukan koreksi,” kata Abhan di KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (20/4).

Selain itu, sambung Abhan, Bawaslu berharap kedua Paslon untuk menahan diri sambil menunggu proses tahapan demi tahapan penghitungan suara yang sedang berjalan.

“Ya kita ikuti proses ini sampai pada tahapan jadwalnya. Malah yang penting adalah kita ikuti proses rekapitulasi dari kecamatan yang berlangsung kemarin,” ujarnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU, Pramono Ubaid mengakui ada kemungkinan pihaknya salah dalam memasukkan data penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ke sistem penghitungan atau Situng melalui website mereka.

Pramono mengatakan, sejauh ini dari angka yang sudah masuk ke sistem penghitungan, mereka menemukan kesalahan tidak hanya terjadi di lima TPS tetapi bertambah 9 TPS.

Meskipun demikian, Pramono menekankan bahwa KPU tidak melakukan penghitungan resmi menggunakan Situng. Melalui Situng, KPU hanya mempublikasikan, menayangkan hasil penghitungan TPS di Indonesia.

Kolom Komentar


loading