Antisipasi Karhutla Babinsa Laksanakan Patroli Di Wilayah Hutan

Selasa, 23 April 2019, 03:25 WIB | Laporan: Azairus Adlu

ilustrasi

Kodim 1011/Kuala Kapuas terjunkan anggota Koramil 1011-02/Kapuas Hilir untuk melaksanakan patroli rutin karhutla dan pengawasan serta memberikan himbauan kepada masyarakat wilayah binaan, dalam upaya mengantisipasi datangnya musim kemarau sebagai langkah antisipasi terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan di Desa Sei Asam Kec. Kapuas Hilir.

Demikian dikatakan Komandan Kodim 1011/Klk Letnan Kolonel Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., Dalam rilisnya hari ini di Makodim 1011/Klk, Jalan Tambun Bungai, Kel. Selat Tengah, Kec. Kapuas, Kab. Kapuas.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 1011/Klk menyampaikan, patroli dan pengawasan serta himbauan yang dilaksanakan anggotanya bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahayanya membakar lahan pada saat musim kemarau, sehingga mengurangi keinginan warga untuk membakar lahan dan hutan, juga mencegah terjadinya musibah kebakaran.

Menurut Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, Babinsa Koramil 1011-02/Kps Hilir Serda Feriawan Bernadi telah memberikan arahan dan tehnis cara pemadaman api kepada 6 orang anggota unit pemadam kebakaran Desa Sei Asam, yang sudah terbentuk pada tahun 2018, serta bekerjasama dengan warga desa supaya ada kesiapsiagaan bilamana musibah kebakaran itu terjadi.

Selanjutnya, kesiapan alat sangat penting seperti, motor nazomi R3, mesin pompa, selang, ember dan alat penembak api. Secara tehnis unit pemadam kebakaran Desa Sei Asam sudah siap bilamana musim kemarau panjang datang, dan siap memadamkan api bila terjadi kebakaran lahan dan hutan.

“Selain melaksanakan patroli, Babinsa juga melakukan sosialisasi dan himbauan kepada warga yang memiliki kebun dan ladang, agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar,” pungkas Dandim.

Bapak Masrawan selaku Kades Sei Asam, juga sangat bersyukur dan berterima kasih kepada anggota Kodim 1011/Klk yang telah bersedia memberikan arahan dan himbaun kepada warga Desa Sei Asam, sehingga dengan adanya kegiatan ini dapat mengantisipasi cegah dini apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.
Editor: Azairus Adlu

Kolom Komentar


loading