Wiranto, Moeldoko Dan Tjahjo Kumolo Gelar Rakorsus Bahas Problematika Pasca Pemilu

Rabu, 24 April 2019, 11:36 WIB | Laporan: Aprilia Rahapit

Rakorsus Tiga Menteri/RMOL

Pagi ini sejumlah menteri melakukan rapat koordinasi khusus (Rakorsus) tentang Permasalahan Pasca Pemungutan Suara Pemilu 2019.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL, tampak hadir dalam Rakorsus ini Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.

Rakorsus digelar di Ruang Parikesit Gedung Utama Kemenko Polhukam, Jln. Medan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Sebelum membuka Rakorsus, Wiranto menyampaikan pertemuan ini membahas terkait dengan kegaduhan pasca pemilu, khususnya yang menyangkut dengan perhitungan suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU)

"Kita akan membahas yakni menyangkut pasca-pemilu. Dalam masa perhitungan suara dan finalisasi dari KPU. Kita banyak mendengarkan berbagai tanggapan-tanggapan. Dan bahkan beberapa tuduhan ya. Hal yang sangat prinsipil," kata Wiranto.

Lanjut Wiranto, pemilu serentak 2019 disadari merupakan pemilu yang cukup besar sebab pesertanya tercatat lebih dari 150 juta orang, sekaligus dalam satu hari melakukan pemilihan di lima sektor.

"Pemilihan presiden wakil presiden, pemilihan legislatif ada tiga tingkat, DPR Pusat, DPRD provinsi, DPRD kabupaten kota, DPD. Jadi cukup kompleks. Dalam satu hari. Dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga memang sangat rumit," tuturnya.

Namun meskipun begitu Wiranto menilai pemilu telah berjalan dengan baik, bahkan banyak negara yang mengapresiasi dilaksanakannya pemilu 2019.

"Dan kita sudah mendapatkan apresiasi dari banyak negara," tandasnya.

Usai pembukaan, ketiga menteri tersebut tengah melanjutkan Rakorsus secara tertutup dan akan dilanjutkan dengan konferensi pers.

Kolom Komentar


loading