Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ICMI: Perkembangan Politik Saat Ini Indikasikan Kemerosotan Kualitas Demokrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 24 April 2019, 16:21 WIB
ICMI: Perkembangan Politik Saat Ini Indikasikan Kemerosotan Kualitas Demokrasi
Logo ICMI/Net
rmol news logo Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) menyoroti perkembangan politik nasional usai pemilihan umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 lalu. ICMI menilai, situasi saat ini mencerminkan kemerosotan kualitas demokrasi di Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Maklumat Kebangsaan ICMI menanggapi dinamika kehidupan politik bangsa pasca Pemilu 2019. Maklumat bertanggal 22 April tersebut ditandatangani oleh Ketum ICMI Jimly Asshiddiqie dan Sekjen ICMI Mohammad Jafar Hafsah.

"ICMI prihatin atas perkembangan politik bangsa saat ini yang mengindikasikan terjadinya kemerosotan kualitas demokrasi, sehingga menjadi kendala bagi berlangsungnya proses konsolidasi demokrasi," tulis ICMI dalam Maklumat Kebangsaannya.

ICMI menilai, hal kemerosotan tersebut membuat rakyat kehilangan kepercayaan pada demokrasi yang semestinya merepresentasikan kedaulatan rakyat dalam mewujudkan kesejahteraan.

Menurut ICMI, Pemilu seharusnya menjadi wujud pelaksanaan demokrasi secara jujur, adil, langsung, umum, bebas, rahasia, aman dan damai. Sehingga kekuasaan yang dihasilkan tidak diraih dengan menghalalkan segala cara.

Dalam Maklumat tersebut, ICMI juga mengingatkan aparatur negara untuk melaksanakan tahapan Pemilu sesuai kaidah demokrasi. Selain juga berharap Pemilu 17 April menghasilkan presiden dan wakil presidenan yang berlegitimasi, dan mampu mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, beradab dan bermartabat.

Kepada semua elite politik, ICMI menyerukan agar membangun budaya demokrasi yang adil dan beradab demngan mengedepankan etika politik dan kepentingan bangsa serta negara.

Untuk menciptakan ketenangan, ICMI meminta seluruh komponen bangsa agar menunggu hasil perhitungan resmi KPU RI, serta menghormati berbagai tahapan yang sesuai ketentuan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA