Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Enam Tuntutan Buruh Di Aksi May Day, Salah Satunya Kawal Form C1

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Rabu, 24 April 2019, 18:08 WIB
Enam Tuntutan Buruh Di Aksi May Day, Salah Satunya Kawal Form C1
Presiden KSPI Said Iqbal/Net
rmol news logo . Berbagai elemen serikat pekerja (buruh) akan mengikuti aksi May Day di seluruh Indonesia pada peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) 1 Mei 2019.

Setidaknya ada 500 ribu buruh dari berbagai elemen serikat pekerja akan mengikuti aksi May Day di seluruh Indonesia.

Khusus di DKI Jakarta, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menurunkan 50 ribu orang buruh ke Istana Negara.

Tema utama peringatan May Day tahun ini adalah kesejahteraan buruh dan demokrasi jujur damai. Tema ini diambil, karena pada dasarnya perjuangan serikat buruh adalah untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, isu demokrasi menjadi penting, karena pada tahun ini di Indonesia bertepatan penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu 2019.

Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, ada enam tuntutan yang akan disuarakan pada aksi May Day nanti.

Pertama, menolak upah murah dalam hal ini menuntut mencabut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2015 tentang Pengupahan. Lalu menaikkan komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) menjadi 84 item.

Kedua, menghapus outsourcing dan pemagangan yang berkedok outsourcing. Ketiga, meningkatkan manfaat jaminan kesehatan dan jaminan pensiun.

Keempat, menurunkan Tarif Dasar Listrik (TDL) dan harga sembako. Kelima, meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan guru dan tenaga honorer serta pengemudi ojek online (Ojol).

Keenam, menegakkan demokrasi yang jujur dan damai, khususnya dalam Pemilihan Presiden RI periode 2019-2024.

"KSPI meminta agar kaum buruh untuk ikut serta mengawal Form C1 di KPU wilayah masing-masing dalam rangka membangun demokrasi yang jujur dan damai," demikian Said Iqbal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA