Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Makassar Gantikan Jakarta?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 30 April 2019, 09:31 WIB
Makassar Gantikan Jakarta?
Foto: Net
rmol news logo Wacana pemindahan Ibukota negara dari DKI Jakarta kembali mengemuka paska Pemilu 2019.

Sebenarnya ini wacana lama yang pernah didengungkan sejak era Soekarno dengan menuju Palangkaraya di Kalimantan Tengah sebagai pusatnya.

"Di era Soekarno sudah ada yaitu menunjuk Palangkaraya waktu itu. Kemudian oleh Presiden Soeharto era Orba kan dibekukan. Sampai akhirnya dikeluarkan lagi di era SBY," tutur Ketua Pusat Kajian Kebijakan Publik Universitas Trisakti Jakarta, Trubus Rahardiansyah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (30/4).

Seiring berjalannya waktu, lanjut Trubus wacana ini muncul kembali di era pemerintahan Jokowi.

Menariknya, tidak lagi Palangkaraya sebagai tujuannya. Kini ide itu mengarah ke salah satu kota di Sulawasi yaitu Makassar.

"Saya pernah ikut diskusinya, bahkan sewatu Gubernurnya Yasin Limpo mengatakan kesiapan Makassar. Kemudian karena pemerintah berganti pada Pak Jokowi, wacana itu sempat muncul kembali," ulasnya.

Benar saja, Jokowi belum lama ini memgeluarkan pernyataan dalam rapat terbatas untuk membahas pemindahan wilayah Ibukota di luar Pulau Jawa.

Jokowi optimis pemindahan ibu kota terwujud bila dipersiapkan dengan matang.

"Saya meyakini InsyaAllah kalau dari awal kita persiapkan dengan baik maka gagasan besar ini akan bisa kita wujudkan," kata Jokowi saat memberikan pengantar ratas di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin (Senin, 29/4).

Pemilihan Makasar dinilai tepat karena termasuk Kawasan Indonesia Timur (KIT). Namun untuk itu, imbuh Trubus, harus dikencangkan kembali pembangunan yang merata di segala sektor.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA