Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Facebook Pakar IT Diblokir Setelah Ngaku Temukan 57 Ribu Input Situng Salah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 04 Mei 2019, 15:41 WIB
Facebook Pakar IT Diblokir Setelah Ngaku Temukan 57 Ribu Input Situng Salah
Status Twitter Mustofa Nahrawardaya/Net
rmol news logo Pakar IT asal Universitas Airlangga, Soegianto Soelistiono harus mengalami nasib kurang mengenakan. Hal itu terjadi setelah dirinya mengklaim menemukan sebanyak 57.794 input data salah di Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) KPU di laman pemilu2019.kpu.go.id.

"Hentikan Situng KPU Sementara! Bagaimana rakyat disuguhi data seperti ini? 57 ribu lebih kesalahan ditemukan hari ini. Kok bisa? Bantu cek ya?" tulisnya di laman Facebook Soegianto Soelistiono, Rabu (1/5).

Postingan ini turut melampirkan dokumen dari google.com. Namun tak berselang lama, akun Facebook tersebut diblokir.

Sebagaimana dikutip dari RMOLJatim, WhatsApp milik Soegianto juga tidak aktif per Jumat (3/5) lalu.

Sementara itu, Koordinator Relawan IT BPN, Mustofa Nahrawardaya angkat bicara lewat akun Twitter pribadinya. Dia membeberkan bahwa akun Facebook dan WhatsApp Soegianto Soelistiono telah dimatikan oleh pihak lain.

"Pada akhirnya, yang mencoba mengingatkan adanya kejahatan malah ditangkapi. Facebooknya diambil-alih. WA nya dimatikan. Dan, ancaman pun ditebarkan. FB Pak Soegianto dan WA beliau. Hari ini ada di tangan pihak misterius. Selamat datang di NKRI,” tulis Mustofa di akun @AkunTofa.

Mustofa sendiri telah melaporkan data hasil salah input Situng KPU sebanyak 73.715 kesalahan input data Situng atau setara 15,4 persen dari total 477.021 tempat pemungutan suara (TPS). Laporan itu disertakan bukti yang sudah dilampirkan dalam bundel kertas yang sudah dicetak. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA