Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukit Soeharto Layak Jadi Ibukota Karena Infrastruktur Memadai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 07 Mei 2019, 19:10 WIB
Bukit Soeharto Layak Jadi Ibukota Karena Infrastruktur Memadai
Jokowi/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo mulai mengunjungi sejumlah tempat yang digadang-gadang bakal menjadi calon pengganti DKI Jakarta sebagai ibukota negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada hari ini, Selasa (7/5), Jokowi berkunjung ke salah satu kawasan di Provinsi Kalimantan Timur. Bersama dengan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim, Zairin Zain, Jokowi meninjau kawasan Bukit Soeharto yang berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Menurutnya, lokasi ini layak untuk dijadikan sebagai ibukota baru. Sebab, infratruktur yang ada sudah memadai. Mulai dari keberadaan lokasi yang diapit Tol Samarinda-Balikpapan, bandara Balikpapan, bandara Samarinda, dan pelabuhan.

“Siang di salah satu kawasan di Kalimantan Timur. Daerahnya layak jadi ibu kota negara karena infrastruktur pendukung sudah ada,” jelasnya dalam akun Twitter pribadi.

Namun demikian, infrastruktur bukan satu-satunya aspek yang menjadi pertimbangan ibukota baru. Ada beberapa pertimbangan lain yang turut dikaji.

Dari Kalimantan Timur, sedianya Jokowi akan bertolak ke Kalimantan Tengah. Kota Palangkaraya, Kalteng, sering digadang sebagai pengganti pusat pemerintahan Indonesia.

“Tapi kita tetap mengkaji banyak aspek lain. Dari sini, saya meninjau lokasi lain di Kalimantan Tengah. Mana dipilih? Tunggu saja,” pungkasnya.

Dalam kunjungannya ke Kalimantan Timur ini, presiden turut didampingi oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Bambang Brodjonegoro; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono; Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; dan Staf Khusus Presiden, Sukardi Rinakit. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA