Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kontestan Pilpres Harus Junjung Tinggi Sikap Kenegarawanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 08 Mei 2019, 15:09 WIB
Kontestan Pilpres Harus Junjung Tinggi Sikap Kenegarawanan
Bamsoet/Net
rmol news logo Para kontestan Pilpres 2019 harus bersabar menunggu hasil penghitungan manual yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengimbau kepada pasangan Joko Widodo-Maruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno serta para pendukung kedua pasangan untuk sama-sama menahan diri. Dia ingin kedua kubu mengedepankan sikap kenegarawanan dalam pilpres kali ini.

"Pimpinan dewan menyerukan kepada semua elemen bangsa untuk bisa menahan diri, mengedepankan sikap kenegarawanan dalam menyikapi proses penghitungan suara yang sedang berlangsung di KPU," katanya dalam pidato pada rapat paripurna di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5).

Adapun sikap yang paling bijak, menurut dia, adalah menunggu hasil perhitungan manual atau real count yang dilakukan okeh KPU secara berjenjang mulai dari TPS, PPK, KPUD Kabupaten/ kota, KPUD provinsi sampai penghitungan secara nasional di KPU.

Jika dalam proses penghitungan suara tersebut ada pihak-pihak yang merasa keberatan atau dirugikan, pria yang akrab disapa Bamsoet ini mengimbau mereka untuk prosedur dan jalur yang sudah disediakan oleh UU dan konstitusi.

"Pada saatnya nanti DPR perlu melakukan evaluasi secara menyeluruh atas pelaksanaan pemilu serentak yang baru kita laksanakan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA