Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Sebar Tim Cari Fakta Kematian Ratusan KPPS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 09 Mei 2019, 21:16 WIB
Komnas HAM Sebar Tim Cari Fakta Kematian Ratusan KPPS
Jumpa pers di Komnas HAM/RMOL
rmol news logo Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) tidak tinggal diam dalam melihat fenomena ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia saat Pemilu 2019.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik menjelaskan bahwa pihaknya akan membentuk tim yang bertugas mencari fakta atas peristiwa ini.

"Kami menganggap perlu dilakukan audit yang komprehensif terhadap berbagai peristiwa ratusan kematian dan sakitnya ribuan petugas. Jadi perlu satu audit yang lebih komprehensif," ujarnya di kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary, Menteng, Jakpus, Kamis ( 9/5).

Nantinya, tim pemantau akan langsung melakukan penyelidikan guna mencari fakta terhadap peristiwa meninggalnya petugas pemilu, termasuk mereka yang sakit. Tim akan langsung disebar ke beberapa daerah.

"Kita memilih daerah yang kita jadikan sampel kita, misalnya Jawa Barat yang korbannya juga banyak. (Kemudian) Banten, Jawa Tengah untuk jadi sampel dalam penggalian fakta. Ada apa sebetulnya terjadi, kemudian apa yang kemudian sudah dikerjakan selama ini dalam penanggulangan masalah ini," tambahnya .

Mulai Senin (13/5) minggu depan, tim ini sudah mulai bekerja dan berharap dapat menyelesaikan tugas sebelum 22 Mei.

Dalam pencarian fakta dan penyelidikan, tim tidam berjalan sendiri. Komnas HAM juga akan berkoordinasi dengan lembaga lain, salah satunya dengan Kementerian Kesehatan termasuk Ikatan Dokter Indonesia (IDI). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA