Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Adhie Massardi: Membiarkan Ratusan KPPS Tewas Misterius Sesuai Pancasila Atau Tidak?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 12 Mei 2019, 22:09 WIB
Adhie Massardi: Membiarkan Ratusan KPPS Tewas Misterius Sesuai Pancasila Atau Tidak?
Adhie Massardi/Net
rmol news logo Mantan Jurubicara Presiden RI Ke-4 Abdurrahman Wahid, Adhie Massardi menyebut penerapan ideologi Pancasila mengalami kemandekan di kalangan elite penguasa.

Hal itu ia sampaikan mengomentari keterangan Anggota BPIP Mahfud MD terkait pertemuan badan tersebut dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara beberapa waktu lalu.

Adhie menjelaskan, masyarakat di kalangan bawah sudah tidak ada masalah dalam penerapan Pancasila. Masalah justru muncul di kalangan elite penguasa, yang hanya menjadikan Pancasila sebagai jargon belaka.

"Pancasila sudah dijalankan dengan baik di masyarakat biasa. Di lapisan elite penguasai justru Pancasila mandeg jadi jargon," tulis di Twitter, Minggu (12/5).

Adhie menambahkan, seluruh kebijakan yang diambil oleh pemerintah seharusnya dinilai dari sudut pandang Pancasila sebagai ideologi bangsa. Salah satunya, ia menyinggung soal kematian ratusan petugas KPPS dalam Pemilu 2019.

"Semua kebijakan pemerintah harusnya diverifikasi dengan nilai-nilai Pancasila. Cocok apa ndak. Membiarkan ratusan petugas KPPS tewas misterius apa sesuai Pancasila?" pungkasnya.

Diketahui bersama, Pemilu 2019 menyisakan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, hampir 600 orang petugas baik KPPS, Pengawas Pemilu hingga Kepolisian meninggal dunia dalam menjalankan tugasnya.

Hal itu semakin parah dengan belum adanya tindakan nyata dari Pemerintah untuk mengungkap fakta di balik tragedi Pemilu tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA