Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Otto Hasibuan Mengeluh Diterpa Hoax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 14 Mei 2019, 13:13 WIB
Otto Hasibuan Mengeluh Diterpa <i>Hoax</i>
Otto Hasibuan/Net
rmol news logo Pengacara senior Otto Hasibuan merasa terganggu dengan berbagai informasi yang menyebar di jejaring media sosial.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Informasi yang beredar itu mengajak anggota masyarakat untuk melakukan perlawanan terhadap hasil Pilpres 2019 yang disebutkan dipenuhi kecurangan.

Salah satu informasi yang beredar di jejaring media sosial, khususnya melalui aplikasi Whatsapp itu mengenai apa yang disebut sebagai “strategi busuk” di balik kecurangan Pilpres 2019.

Disebutkan, ada tiga hal yang dilakukan dalam konteks “strategi busuk itu”, yakni, pertama, menggelar pemilu curang. Kedua, jika kecurangan tidak terbongkar maka petahana menang. Ketiga, jika kecurangan terbongkar, maka pemilu akan diulang dan petahana tetap memiliki peluang untuk menang.

Yang jadi masalah bagi Otto Hasibuan adalah, di dalam informasi yang tersebar luas beberapa hari belakangan ini tersebut juga disertakan link sebuah berita yang berasal dari pernyataan Otto mengenai berbagai kemungkinan pasca pemberian suara tanggal 17 April lalu, termasuk pemilu ulang.

Baca: Otto Hasibuan: Skenario Terburuk Pemilihan Presiden Ulang

Kedua hal ini, informasi yang disebarkan itu dan berita berisi pernyataan Otto sebenarnya tidak memiliki hubungan sama sekali.

Namun karena disebarkan dalam satu posting yang sama, pembaca informasi apalagi yang kurang atau tidak berhati-hati bisa menarik kesimpulan bahwa informasi berisi seruan melawan kecurangan pemilu itu berasal dari Otto Hasibuan.

Inilah yang membuat Otto Hasibuan terganggu dan berusaha memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa dirinya tidak terkait dan tidak memiliki hubungan dengan informasi tersebut.

Kepada redaksi beberapa saat lalu, Selasa (14/5), Otto meminta agar hal ini diluruskan.

“Kalau ada berita-berita yang tendensius yang tidak sesuai karakter dan sifat saya yang tidak pernah kasar dan tidak pernah menyerang kehormatan pihak atau golongan manapun, harap konfirmasi langsung kepada saya,” ujar Otto Hasibuan.

Di sisi lain, Redaksi Kantor Berita Politik RMOL juga merasa perlu untuk memberikan satu klarifikasi bahwa isi berita pada link yang disertakan itu memang tidak memiliki kaitan langsung atau tidak langsung dengan informasi yang diviralkan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA