Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komnas HAM Tak Menduga Banyaknya Petugas KPPS Yang Meninggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 14 Mei 2019, 16:11 WIB
Komnas HAM Tak Menduga Banyaknya Petugas KPPS Yang Meninggal
Hairansyah/RMOL
rmol news logo Komisi Nasional (Komnas) HAM tidak menduga banyaknya jumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dalm pemilu serentak 2019.

Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Internal, Hairansyah mengatakan, Pemilu 2014 memang ada korban jiwa, namun tidak sebanyak tahun ini.

"Kami tidak menduga sama sekali problem kematian ini sedemikian besar, karena kita tahun 2014 terjadi sebenarnya. Tapi tidak sebesar yang sekarang, nah itulah ketika jumlahnya membesar tentu ini menjadi perhatian publik dan kemudian menjadi perhatian kami," kata Hairansyah di kantor Komnas HAM, Jl. Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (14/5).

Komnas HAM sendiri memang belum menetapkan kematian ratusan petugas KPPS ini sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB).

Hingga kini, Komnas HAM melalui tim investigasi yang dibentuk, terus memperdalam fakta meninggalnya para petugas KPPS dengan terjun langsung ke beberapa daerah.

"Komnas HAM dua hal yang dilakukan, pertama dasar pengaduan itu kita bisa melakukan tindakan, kedua pemantauan situasi. Nah tim pemantau pemilu ini sebenarnya sudah bekerja memang sejak sebelum pemilu dan hari H dan kemudian pascanya. Nah ini masuk kategori yang pasca sebenarnya," tutup Hairansyah.

Menurut rencana, hasil temuan tim investigasi Komnas HAM tersebut akan dipublikasikan setelah 22 Mei 2019 nanti.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA