Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Komisi III: Kinerja KPK Masih Jauh Panggang Dari Api

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 14 Mei 2019, 22:25 WIB
Komisi III: Kinerja KPK Masih Jauh Panggang Dari Api
Raden Muhammad Syafii/Net
rmol news logo Jumlah uang negara yang diselamatkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sesungguhnya masih jauh panggang dari api.

Anggota Komisi III DPR, Raden Muhammad Syafii mengatakan, hal itu karena biaya pemberantasan korupsi belum sebanding dengan capaian yang diharapkan oleh masyarakat.

"Jauh panggang dari pada api. Kayaknya lebih besar harapan dan pendanaan ketimbang yang berhasil KPK selamatkan,” tegasnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (14/5).

Padahal, lanjut politisi Partai Gerindra ini, salah satu indikator utama dari keberhasilan komisi anti rasuah adalah sebandingnya uang yang dikeluarkan untuk memberangus korupsi dengan uang yang telah diselamatkan itu sendiri.

“Yang ada hanya menang rame ajalah,” ketusnya.

Masa jabatan pimpinan KPK akan usai pada bulan Oktober nanti. Maka dari itu, pria yang akrab disapa Romo ini mengaku sangat berharap bahwa pimpinan KPK yang baru nanti mampu mengembalikan khittah dari filosofi dibentuknya lembaga tersebut, yakni sebagai trigger mechanism (pemicu mekanisme) dalam memberantas korupsi.

Konkretnya, segala penindakan hukum yang dijalankan KPK seharusnya hanya sebagai pemicu untuk mendorong kepolisian dan kejaksaan dalam melakukan penegakan hukum korupsi lebih baik. Namun pada kenyataannya tidak demikian.

“Apalagi ada keinginan membetuk kantor cabang di daerah-daerah. Saya kira apa yang dilakukan KPK hari ini belum sepenuhnya sesuai harapan dibentuknya KPK,” pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA