Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warning Fahri Ke KPU, Masih Ada Waktu Bersikap Arif Bijaksana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 16 Mei 2019, 19:13 WIB
<i> Warning</i> Fahri Ke KPU, Masih Ada Waktu Bersikap Arif Bijaksana
Foto: Net
rmol news logo Massifnya kecurangan di pelaksanaan Pemilu serentak 2019, utamanya Pemilihan Presiden (Pilpres), tidak hanya dikeluhkan Prabowo-Sandi, tapi juga Jokowi-Maruf.

Sayangnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara tidak menerimanya dengan keprihatinan.

"Kesan saya, penyelenggara pemilu bilang gini, "Salah sendiri nggak curang, pemilu ini memang didisain curang kok, silakan curang sebesar-besarnya dan kecurangan yang tidak bisa dibuktikan akan menjadi kemenangan yang sah. Selama gugatan tidak mengurangi angka curang maka sia-sia saja," ujar Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah kepada wartawan di gedung Nusantara III Senayan, Jakarta, Kamis (16/5).  

Pemilu dulu ada kecurangan, retail dan kecil tapi diam-diam dan hanya buah bibir. Namun sekarang, menurut Fahri, kecurangan telah diperingatkan juga tetap didiamkan.

Mulai dari rekayasa DPT, manipulasi pencoblosan sampai sulap-menyulap rekap suara.

"Sikap penyelenggara pemilu sama, memuji diri sendiri dengan segala cara. Sikap penyelenggara pemilu yang mau menang sendiri sekarang ini, saya khawatirkan akan menyebabkan lahirnya goncangan di tengah publik," kata dia.

Meski kecurangan nampak jelas, inisiator Gerakan Arah Baru Indonesia (GARBI) itu melihat tidak ada yang mau tampil menjawab kegelisahan publik. Sebaliknya yang ada membela diri secara berlebihan, bahkan mengancam penanya.

"Nanti kalau kegelisahan ini menjadi bara api yang menyebar, kesadaran kita terlambat sudah. Masih ada waktu untuk bersikap arif dan bijaksana atau paling tidak, sudilah mendengar apa adanya, akuilah kelemahan dan mau membentuk tim investigasi bersama agar hasil pemilu ini bersih dan legitimate diterima oleh semua pihak dan melahirkan pemimpin berwibawa dan terhormat," Fahri mengingatkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA