Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tujuan Prabowo-Sandi Ajukan Gugatan Ke MK Mulia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 25 Mei 2019, 15:51 WIB
Tujuan Prabowo-Sandi Ajukan Gugatan Ke MK Mulia
Titi Anggraini/Net
rmol news logo Pengajuan gugatan sengketa hasil penghitungan Pilpres 2019 ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan Prabowo-Sandi dinilai mulia.

Sebab, sebagaimana disampaikan calon wakil presiden, Sandiaga Uno, orientasi dari gugatan itu adalah untuk perbaikan demokrasi di tanah air, bukan merebut kekuasaan semata.

Begitu kata Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini di sela-sela acara diskusi publik MNC Trijaya FM bertajuk ‘MK Adalah Koentji’ di D' Consulate Cafe & Lounge Jl Wahid Hasyim 49-51, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (25/5).

"Kalau komitmennya seperti itu, berarti betul-betul ingin berkontribusi agar proses demokrasi kita jadi lebih baik di masa yang akan datang. Karena tujuannya lebih mulia daripada kekuasaan bagaimana ke depan proses kontestasi," sambungnya.

Lebih lanjut, Titi meyakini bahwa kedua kubu baik 01 maupun 02 sama-sama memiliki kesempatan yang sama untuk mengajukan gugatan ke MK terkait sengketa pemilu. Namun, kata Titi, yang menjadi catatan adalah proses pemilu ke depan harus mengalami perbaikan.

"Harapannya, ke depan proses kontestasi kita sepakat ada empat hal yang harus kita benahi, yakni sistemnya harus kita perkuat, manajemen pemilunya, lalu penegakan hukum harus perlu diperbaiki, dan desain penyelenggara pemilunya," demikian Titi.

Hadir sejumlah narasumber dalam acara tersebut anggota TKN Jokowi-Maruf Ade Irfan Pulungan, mantan Wamenkumham Denny Indrayana, Politisi Golkar Jerry Sambugua, Jubir BPN Prabowo-Sandi Andre Rosiade, dan Pakar Hukum Tata Negara Kampus IPDN Juanda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA