Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pengamat: Peluang Prabowo Menang Di MK Masih Ada

LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 27 Mei 2019, 15:28 WIB
Pengamat: Peluang Prabowo Menang Di MK Masih Ada
Prabowo-Sandi/Net
Peluang kemenangan Prabowo-Sandi dalam gugatan di Mahkamah Konstitusi (MK) dinilai masih ada. Hal itu dikatakan oleh Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago.

"Walaupun tipis, peluang Prabowo menang di MK kan tetap ada. Kami apresiasi Prabowo yang dari awal tidak akan membawa kasus sengketa ke MK, namun beliau akhirnya membawa kasus sengketa ke MK. Kami percaya MK akan memutuskan perkara ini seadil-adilnya dan profesional," ucap Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (27/5).

Pada gugatan tersebut, terdapat tudingan kecurangan Pemilu yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Namun guna gugatannya mulus, ia pun menyarankan kepada paslon nomor urut 02 untuk memperkuat bukti.

"Prabowo dan tim harus menyiapkan bukti yang kuat dan data primer. Saya pikir ini juga tidak mudah membuktikan soal TSM (terstruktur, sistematis, masif) di MK. Mengugat sengketa pilpres hanya ada satu jalan, yaitu ke MK dan itu jalur yang konstitusional dan elegan. Di lembaga ini nanti diputuskan soal Pilpres 2019," jelasnya.

Ia menyadari jika selisih perolehan suara Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi di Pilpres cukup jauh. Oleh karenanya, ia berharap MK bisa memutus seadil-adilnya.

"Kita paham dis-trust terhadap institusi MK selalu ada, ini juga momentum untuk membangun citra trust building terhadap MK," lanjutnya.

Di sisi lain, ia justru menyoroti sistem pemilu saat ini pasca Pilpres 2019. Dugaan kecurangan TSM ini pun menjadi titik awal perbaikan sistem pemilu ke depan.

"Paling tidak temuan sengketa di MK bisa menjadi tempat untuk membuktikan terjadi kecurangan secara TSM. Kalau tidak bisa dibuktikan bisa menjadi rekomendasi perbaikan sistem pemilu yang berkualitas ke depannya, bisa menjadi evaluasi perbaikan pemilu yang sangat kompleks ini sehingga meminimalisir mudarat Pemilu Serentak pada tanggal 17 April kemarin," tandasnya.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA