Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Referendum Aceh, Wiranto: Mungkin Gara-Gara Mualem Kalah Pilgub

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 31 Mei 2019, 16:52 WIB
Soal Referendum Aceh, Wiranto: Mungkin Gara-Gara Mualem Kalah Pilgub
Wiranto/Net
rmol news logo Kekalahan di Pilgub Aceh pada tahun 2017 lalu diduga menjadi alasan mantan Panglima Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Muzakir Manaf alias Mualem melontarkan pernyataan referendum Aceh.

Dugaan itu sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

“Boleh jadi, mungkin karena pilgub kalah,” kata Wiranto.

Tidak hanya itu, Wiranto menilai kekalahan pilgub itu semakin akumulatif ketika partai besutan Mualem, Partai Aceh meraih hasil jeblok di Pemilu 2019.

Berdasarkan catatan mantan ketum Hanura itu, Partai Aceh kehilangan 15 kursi DPR Aceh sejak Pemilu 2009 lalu

"Kalau nggak salah, tahun pertama ikut pemilu itu tahun 2009 kursinya 33, lalu 2014 tinggal 29, dan sekarang kalau nggak salah tinggal 18 kursi, sangat boleh jadi kalau saya katakan," tuturnya.

Dalam Pilgub Aceh 2017 lalu, Mualem berpasangan dengan Teuku Ahmad Khalid. Pasangan yang diusung Partai Aceh, PKS, Partai Gerindra, dan PBB itu kalah tipis dari pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Irwandi-Nova mendapatkan perolehan 889.922 suara atau 37,16 persen. Sedangkan Muzakir-Khalid mendapatkan 761.354 suara atau 31,79 persen. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA