Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KPU: Hasil Pileg DPR Ditetapkan Setelah Putusan MK

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Jumat, 31 Mei 2019, 16:55 WIB
KPU: Hasil Pileg DPR Ditetapkan Setelah Putusan MK
Ketua KPU, Arief Budiman/RMOL
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan penetapan hasil Pemilu 2019 tingkat DPR akan dilakukan setelah ada keputusan inkrah dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU, Arief Budiman menjelaskan bahwa langkah tersebut diambil karena satu saja gugatan di daerah pemilihan dalam tingkat DPR akan berpengaruh pada suara partai secara nasional.

"Kenapa? Sebab itu (gugatan legislatif DPR) kan mempengaruhi secara nasional," ujar Arief di kantor KPU, Menteng, Jakarta, Jumat (31/5).

Sedangkan untuk legislatif tingkat I dan II juga DPD, satu gugatan tidak berpengaruh untuk penetapan hasil lainnya. Sehingga, bisa lebih cepat diambil keputusan untuk hasil akhir.

"DPRD provinsi misalnya, sebuah dapil dipersoalkan sementara yang lain tidak, nah itu sebetulnya sudah selesai. Sebab hanya dapil itu yang nantinya akan terpengaruh," jelas Arief.

Hingga berakhirnya masa pendaftaran gugatan, MK mencatatkan 340 gugatan didaftarkan dan hanya 32 yang memenuhi persyaratan atau dinyatakan lengkap berkas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA