Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Manuver AHY Bertemu Jokowi-Mega Jadi Pertanda Demokrat Ingin Masuk Lingkaran Penguasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 06 Juni 2019, 23:39 WIB
Manuver AHY Bertemu Jokowi-Mega Jadi Pertanda Demokrat Ingin Masuk Lingkaran Penguasa
AHY beserta keluarga selfie bersama Megawati/Net
rmol news logo Baru-baru ini putra Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo dan sowan ke kediaman Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan ini pun dinilai sarat dengan kepentingan politik, khususnya kepentingan bagi Demokrat meski diklaim hanya sekadar silaturahmi.

"AHY ketemu Megawati dan Jokowi itu kan jaketnya ada dua, AHY sebagai anak SBY dan AHY sebagai utusan Demokrat. Maka dua-duanya baik, untuk apa? Ya untuk Demokrat dan juga untuk SBY," ucap Pakar Komunikasi Politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio kepada Kantor Berita RMOL, Kamis (6/6).

Menurut Hensat, sapaan Hendri Satrio, AHY sedang berusaha agar Demokrat kembali masuk ke lingkaran penguasa untuk menaikkan elektabilitas partai.

"Itu menurut saya sangat mungkin karena Demokrat selama mereka tidak berpihak atau jadi oposisi, itu elektabilitas partainya turun turus," katanya.

Sehingga kata Hendri, Demokrat harus kembali masuk ke lingkaran penguasa dengan cara mendekati dua tokoh, yakni Jokowi dan Megawati.

"Makanya beliau, Demokrat ini harus masuk ke pemerintahan. Kalau masuk ke pemerintahan memang yang didekati harus dua orang, Jokowi sebagai Presiden karena prioritasnya di sana dan kemudian Megawati," jelasnya.

Selain mendekati Jokowi, tindakan AHY dinilai sangat tepat saat bertemu dengan Megawati. Hal tersebut dikarenakan Megawati merupakan seorang yang berpengaruh terhadap keikutsertaan Demokrat masuk ke dalam koalisi.

"Karena Megawati, apapun itu bisa saja membatasi ruang gerak Demokrat atau SBY. Dengan lobi silaturahmi AHY kemarin mungkin itu bisa diluluhkan," pungkasnya.

Sekadar informasi, hari ini AHY dan Ibas beserta keluarga juga melakukan silaturahmi ke kediaman presiden keempat RI, Gus Dur dan disambut oleh istri Gus Dur, Sinta Nuriyah. Silaturahmi tersebut terjadi hanya selang sehari dari pertemuan mereka dengan Jokowi dan Megawati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA