Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jangan Sampai Maskapai Asing Matikan Industri Lokal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 12 Juni 2019, 13:49 WIB
Jangan Sampai Maskapai Asing Matikan Industri Lokal
Pengamat Transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung /Net
rmol news logo Wacana mendatangkan maskapai asing sebagai solusi menurunkan harga tiket penerbangan harus dipertimbangkan secara matang.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung mewanti-wanti agar pemerintah tidak sembrono.

Kehadiran maskapai asing, sambungnya, memang bisa membuat tarif maskapai menjadi lebih murah karena ada persaingan harga. Namun demikian, pemerintah harus bisa memastikan persaingan itu tidak mematikan industri lokal dan mengacuhkan keselamatan penumpang.

"Menurut saya betul kalau ada yang asing menjadi persaingan, tapi jangan lupa persaingan itu jangan sampai mematikan tumbuh industri di Indonesia sendiri," ujarnya di Hotel Morissey, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Persaingan usaha, lanjutnya, jangan sampai mengacuhkan keselamatan penumpang. Bagaimanapun, faktor keselamatan merupakan hal yang utama.

Lebih lanjut, dia meminta masyarakat untuk melihat secara komprehensif alasan tarif pesawat mahal. Menurutnya, hal itu tidak lepas dari biaya untuk memastikan keselamatan dan operasi penerbangan yang layak tiap kilometer.

"Jadi ada tarif itu termasuk keselamatan dan ada biaya operasi untuk menerbangkan pesawat perkilo meter yang tidak boleh dikurangi," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA