Jangan Sampai Maskapai Asing Matikan Industri Lokal

Rabu, 12 Juni 2019, 13:49 WIB
Laporan: Aprilia Rahapit

Pengamat Transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung /Net

Wacana mendatangkan maskapai asing sebagai solusi menurunkan harga tiket penerbangan harus dipertimbangkan secara matang.

Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung mewanti-wanti agar pemerintah tidak sembrono.

Kehadiran maskapai asing, sambungnya, memang bisa membuat tarif maskapai menjadi lebih murah karena ada persaingan harga. Namun demikian, pemerintah harus bisa memastikan persaingan itu tidak mematikan industri lokal dan mengacuhkan keselamatan penumpang.

"Menurut saya betul kalau ada yang asing menjadi persaingan, tapi jangan lupa persaingan itu jangan sampai mematikan tumbuh industri di Indonesia sendiri," ujarnya di Hotel Morissey, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (12/6).

Persaingan usaha, lanjutnya, jangan sampai mengacuhkan keselamatan penumpang. Bagaimanapun, faktor keselamatan merupakan hal yang utama.

Lebih lanjut, dia meminta masyarakat untuk melihat secara komprehensif alasan tarif pesawat mahal. Menurutnya, hal itu tidak lepas dari biaya untuk memastikan keselamatan dan operasi penerbangan yang layak tiap kilometer.

"Jadi ada tarif itu termasuk keselamatan dan ada biaya operasi untuk menerbangkan pesawat perkilo meter yang tidak boleh dikurangi," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Selamat Hari Museum

Sabtu, 19 Oktober 2019
Video

Kolone Tongkat oleh Peserta Pramuka Terbanyak

Sabtu, 19 Oktober 2019
Video

Tiru Cara BG, Siasat Imam Nahrawi Lolos dari KPK

Sabtu, 19 Oktober 2019