Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi: Perang Dagang AS-China Peluang Bagi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 13 Juni 2019, 09:52 WIB
Jokowi: Perang Dagang AS-China Peluang Bagi Indonesia
Jokowi/Net
rmol news logo Perang dagang yang tengah terjadi antara Amerika Serikat dengan Tiongkok memang telah menimbulkan gejolak perekonomian global. Namun begitu, Presiden Joko Widodo justru memandang perang dagang itu sebagai peluang bagi Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Saat tarif bea masuk terhadap produk Tiongkok dinaikkan oleh AS, para pengusaha bisa manfaatkan peluang ini dengan memperbesar ekspor ke AS," begitu kata Jokowi dalam akun Twitter pribadinya sesaat lalu, Kamis (13/6).

Hal serupa pernah diucap Jokowi saat menjamu para pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi).

Dia mengahak pengusaha untuk tidak melihat adanya masalah besar dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Mantan gubernur DKI itu justru mengajak untuk melihat adanya peluang opportunity yang muncul dari perang dagang tersebut.

“Menurut saya ada sebuah peluang, ada sebuah opportunity yang bisa kita ambil dari ramainya perang dagang ini. Dan saya melihat bapak, ibu dan saudara-saudara semuanya berada pada garis yang paling depan dalam memanfaatkan peluang ini,” kata Presiden Jokowi, Rabu (12/6) sore.

Doa kemudian mencontohkan, di AS yang sebelumnya dimasuki produk-produk dari Tiongkok, selanjutnya bisa menjadi peluang-peluang Indonesia untuk memperbesar kapasitas, sehingga produk-produk bisa masuk ke sana.

“Dengan produk elektronik misalnya atau produk furniture yang saya tahu itu lebih dari 50 persen itu semuanya dari Tiongkok kenapa enggak diisi dari kita,” ucapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA