Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Amerika Serikat Masih Susun Detail Kerjasama Yang Libatkan Unit 81 Gultor Kopassus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 13 Juni 2019, 15:11 WIB
Amerika Serikat Masih Susun Detail Kerjasama Yang Libatkan Unit 81 Gultor Kopassus
Dubes Joseph R. Donovan (kiri) dan Presiden JFCC Ed Davies/RMOL
rmol news logo Pemerintah Indonesia dan pemerintah Amerika Serikat tengah membicarakan kerjasama militer kedua negara yang melibatkan Unit 81 Penanggulangan Terorisme (Gultor) Kopassus TNI Angkatan Darat.

Rencana kerjasama itu dibicarakan Pelaksana Tugas Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan saat bertemu dengan Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu di Jakarta akhir bulan lalu.

Walau sejauh ini belum dipastikan bagaimana detail dari kerjasama itu, Dutabesar AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, memastikan kerjasama dimaksud tidak membutuhkan perubahan peraturan apapun di Amerika Serikat.

Hal ini disampaikan Dubes Donovan ketika berbicara dalam forum Jakarta Foreign Correspondents Club (JFCC) di Hotel Ayana di Jakarta, Kamis siang (13/6).

“Kami masih bekerja untuk memastikan detil dari latihan bersama dengan Unit 81 Kopassus. Sejujurnya, saya tidak tahu, dan saya tidak akan berspekulasi tentang perubahan peraturan yang dibutuhkan,” ujar Dubes Donovan.

“Sepemahaman saya, yang akan kita lakukan dengan Unit 81 Kopassus tidak membutuhkan perubahan peraturan. Tetapi kita akan berkonsultasi dengan Kongres,” sambungnya.

Menurutnya, rencana latihan dengan Unit 81 Kopassus ini sudah dimulai sembilan tahun lalu melalui program yang disebut Subject Matter Enggament (SME). rmol news logo article 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA