Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ronny Sompie Diyakini Bisa Benahi BNP2TKI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Senin, 17 Juni 2019, 10:47 WIB
Ronny Sompie Diyakini Bisa Benahi BNP2TKI
Ronny F. Sompi/Net
rmol news logo Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI 98) menyampaikan alasan mendukung Dirjen Imigrasi Kemenkumham Ronny F. Sompie sebagai kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) di periode kedua pemerintahan Joko Widodo.

Ketua Presidium JARI 98 Willy Prakarsa menilai mantan Kapolda Bali itu memiliki kemampuan mengurai permasalahan yang ada selama ini di BNP2TKI.

"Ronny Sompie memiliki pemikiran yang strategis tetapi mengakar ke bawah. Beliau insyaAllah bisa memberikan solusi atas persoalan yang biasa dihadapi oleh buruh migran selama ini," ujar Willy dalam keterangannya, Senin (17/6).

Dijelaskan Willy, Ronny nantinya diyakini bisa melakukan kerjasama dengan Kemendikbud yakni membangun kemampuan lulusan SMK dan bisa diarahkan kepada bidang yang bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi mereka. Dengan demikian mereka bisa langsung dipekerjakan.

"Perlu arahan yang betul-betul strategis dan diberikan wawasan agar nantinya bisa tersalurkan dengan baik. BNP2TKI dan Kemenaker dibantu seluruh Dinas Tenaga Kerja Provinsi dan Kabupaten/Kota bekerja sama dengan Kemendikbud dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan daerah bisa turut andil memperbaiki penyiapan SDM lulusan SMK sesuai dengan kearifan lokal masing-masing daerahnya," jelasnya.

Dikatakan Willy lagi, bahwa penyiapan tenaga lulusan SMK yang siap pakai bisa menjadi tenaga pemeriksa perlintasan manusia di PLBN, PLB dan setiap perbatasan laut dan darat, perlu kerjasama POLTEKIM, BPSDM Kemenkumham, Ditjen Imigrasi, Sekjen Kemenkumham cq Karowai, demikian juga untuk Bea Cukai dan Karantina dengan pihak Pemda setempat.

Dilanjutkan, melalui sebuah pemikiran yang sama perihal bagaimana menyiapkan tenaga lokal yang akan memudahkan kegiatan pemeriksaan selain orang juga pemeriksaan barang, hewan, tumbuhan dan penyakit menular melalui penguatan Border Security dan Border Protection di perbatasan yang saat ini sedang dibangun PLBN-nya oleh Badan Nasional Pengeloaan Perbatasan.

"Semua penguatan SDM ini sangat memerlukan kerjasama lintas kementerian dan lembaga bersama pemda dalam penyiapannya. Kementerian yang terlibat Kementerian Tenaga Kerja juga BNP2TKI dan kementerian terkait. Impian ini insyaAllah bisa diwujudkan di bawah kendali Ronny Sompie jika dipercaya menjabat sebagai Kepala BNP2TKI," tutup Willy. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA