Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bantah Agus Maksum, Mendagri Pastikan Tidak Ada Pemilih Nyoblos Dua Kali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 20 Juni 2019, 11:25 WIB
Bantah Agus Maksum, Mendagri Pastikan Tidak Ada Pemilih Nyoblos Dua Kali
Tjahjo Kumolo/Net
rmol news logo Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) buka suara soal keterangan saksi dari kuasa hukum Prabowo-Sandi, Agus Maksum yang mengaku menemukan 1 juta KTP-el palsu yang digunakan untuk memilih.

Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo menyebut tudingan Agus itu tidak mungkin terjadi. Pasalnya, data Kementerian yang diserahkan kepada KPU terus diperbaharui.

"Data kependudukan yang diserahkan Kemendagri, Dukcapil kepada KPU itu Desember 2017 yang di-update terus itu datanya clean and clear," ujar Tjahjo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6).

Sementara mengenai penetapan daftar pemilih dalam pemilu, kata Tjahjo hal tersebut merupakan kewenangan KPU. Tapi, selalu dikoordinasikan dengan Kemendagri.

"Sehingga tidak ada satu orang sampai nyoblos dua kali di satu TPS, apalagi merangkap di dua TPS kan nggak akan mungkin," jelasnya.

Tjahjo menambahkan apabila kemudian ada tuduhan berkaitan kependudukan dan DPT pemilu, maka sudah saatnya diselesaikan secara hukum yang saat ini berlangsung sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi.

"Silakan nanti tim hukum KPU dan tim hukum timses yang akan mempertanggungjawabkan itu," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA