Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bandingkan Dengan Kawalpemilu, Ahli IT KPU Sebut Website Situng Bisa Salah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 20 Juni 2019, 15:14 WIB
Bandingkan Dengan Kawalpemilu, Ahli IT KPU Sebut Website Situng Bisa Salah
Ahli IT dari KPU selaku pihak termohon, Marsudi Wahyu Kisworo/Net
rmol news logo Ahli IT dari KPU selaku pihak termohon, Marsudi Wahyu Kisworo menyatakan bahwa dugaan intervensi pada website sistem informasi penghitungan suara (Situng) memungkinkan terjadi.
"Terkait faktor eksternal melakukan intervensi, kalau pada website Situng mungkin benar. Tapi kalau data Situng di KPU tidak mungkin. Itu dua hal berbeda," kata Marsudi di Ruang Sidang MK, Kamis (20/6).

Marsudi menjelaskan, hal itu terjadi lantaran data dalam Situng KPU di website setiap saat bisa berubah-ubah dikarenakan jumlah data yang masuk.

"Data itu tiap hari berubah. Harus dicek dulu, dowonloadnya tanggal berapa. Setiap hari ada penambahan data baru, sekarang juga mungkin sudah berubah," sambungnya.

Lebih lanjut, Marsudi memastikan bahwa kesalahan dalam Situng KPU hanya memungkinkan terjadi pada saat entry data. Karena itu, Marsudi menyebut kesalahan Situng hanya memungkinkan ada yang datang ke kantor KPU dan mengubahnya.

"Itu kesalahan operator meng-entry. Kalau tidak, itu kesalahan pada form C1-nya," tutupnya.

Dalam penyajian informasi kepada masyarakat soal rekapitulasi, jelasnya, publik tak hanya dihadapkan oleh Situng melainkan beberapa sumber, seperti halnya Netgrit, Jaga TPS, Kawalpemilu dan beberapa lainnya.

Namun ia menegaskan hanya menggunakan Situng dan Kawalpemilu sebagai pembanding.

"Mereka mengupload sendiri. Dari yang saya tampilkan di sini (adalah) membandingkan antara Situng dan Kawalpemilu," demikian Marsudi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA