Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saksi Fakta 01: Kami Berbagi Snack Dan Berpelukan Waktu Rapat Rekap Suara Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 21 Juni 2019, 09:58 WIB
Saksi Fakta 01: Kami Berbagi Snack Dan Berpelukan Waktu Rapat Rekap Suara Nasional
Foto: RMOL TV
RMOL Saksi fakta Jokowi-Maruf Amin menceritakan suasana rapat rekapitulasi suara tingkat nasional untuk Pemilihan Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami saksi 01, 02 suasananya sangat akrab, dan kami saling melempar lelucon di rapat karena ini rapatnya sampai malam hari dan kalau waktunya berbuka kami juga berbagi snack," tutur saksi Candra Irawan dalam sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di ruang sidang Mahkamah Konstitusi, Jakarta Pusat, Jumat (11/6).

Hakim Aswanto kembali bertanya suasana keakraban yang dimaksud anggota Direktorat Saksi TKN dalam keterangannya itu.

"Ya kami di sela-sela acara ketika saat istirahat maupun ketika kami memberikan tanggapan, kami berbincang dan berbisik pada saat isitirahat kami juga shalat bareng di mushola (gedung KPU) di bawah itu," jelas Candra.

Tak berhenti disitu, hakim juga menyinggung isi di dalam script tentang 'memberi selamat dengan menyalami.'

"Kami saling memberikan selamat dan berpelukan, waktu itu Pak Putu Arta dan Didi Haryanto," jawab Candra lebih lanjut.

Candra menyebutkan, dalam rapat rekapitulasi suara tingkat nasional tanggal 21 Mei 2019, Ketua Komisi Pemilihan Umum Arief Budiman membacakan perolehan suara masing-masing pasangan calon presiden-calon wakil presiden.

Paslon 01 memperoleh 85.607.362 atau setara 55,5 persen. Kemudian perolehan suara paslon 02 yakni 68.650.239 setara 44,5 persen.

Angka perolehan suara itu ditayangkan melalui layar.

Menurut tenaga ahli Fraksi PDI Perjuangan DPR ini, seluruh saksi paslon 01 menyetujui hasil rekapitulasi perolehan suara yang dibacakan pimpinan rapat dengan menandatangani berita acara. Sebaliknya para saksi 02 mengajukan keberatan. Para saksi 02 diwakili Ferry Mursyidan Baldan dan Didi Haryanto, juga ada saksi dari Gerindra, PKS, PAN, dan Partai Berkarya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA