Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kebijakan Tiket Murah Rute Tertentu Tidak Bisa Untuk Jangka Panjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 22 Juni 2019, 01:43 WIB
Kebijakan Tiket Murah Rute Tertentu Tidak Bisa Untuk Jangka Panjang
Ziva Narendra/Net
rmol news logo Keputusan pemerintah untuk menurunkan harga tiket pesawat rute domestik dalam jadwal dan rute tertentu akan menimbulkan efek negatif jika diterapkan dalam jangka waktu panjang.

Begitu kata pengamat penerbangan Ziva Narendra saat dihubungi Kantor Berita RMOL, Jumat (21/6).

“Saya bilang ini nggak bisa dipertahankan juga, mungkin satu dua bulan masih bisa. Tapi nggak bisa jangka panjang," jelasnya.

Ziva menjabarkan bahwa penurunan tarif dengan jadwal dan rute tertentu berpotensi menimbulkan ketimpangan dan kesan diskriminatif dari para konsumen.

“Konsumen pasti melihat, loh kenapa hanya rute tertentu. Bagaimana dengan kami yang mungkin rute yang lebih panjang, tapi kebutuhan kami tinggi," paparnya.

Ketimpangan ini, sambungnya, menjadi alasan bahwa penurunan tarif pesawat rute domestik bisa mengakomodir kebutuhan masyarakat sebatas dalam jangka pendek.

“Jangka panjang nggak bisa, 99 persen ini tidak bisa dipertahankan jangka panjang," kata Ziva menekankan.

Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kememko Perekonomian) dan Kementerian Perhubungan (Kemehub), mengambil kebijakan baru hasil rapat evaluasi Tarif Batas Atas (TBA) tarif pesawat ruter domestik, yang merupakan kelanjutan rapat evaluasi pada Mei lalu.

Kebijakan tersebut yaitu memberlakukan penurunan harga tiket penerbangan Low Cost Carrier (LCC) domestik untuk jadwal penerbangan tertentu, kebijakan ini akan berlaku efektif selama pekan depan.

Selain itu, pemerintah juga melakukan efisiensi biaya di maskapai. Pemerintah tengah menyiapkan kebijakan pemberian insentif fiskal atas jasa persewaan, perawatan, perbaikan pesawat udara, jasa persewaan pesawat udara dari luar daerah pabean, impor, penyerahan atas pesawat udara dan suku cadangnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA