Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Agar Dipercaya Publik, Majelis Hakim MK Harus Ambil Keputusan Objektif Dan Adil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Minggu, 23 Juni 2019, 22:16 WIB
Agar Dipercaya Publik, Majelis Hakim MK Harus Ambil Keputusan Objektif Dan Adil
Sembilan Hakim MK/Net
rmol news logo Keputusan hasil sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan penuh pertimbangan dengan tulus dan adil supaya masyarakat menerima dengan lapang dada.

Demikian disampaikan Pakar Hukum Tata Negara Universitas Parahyangan, Asep Warlan Yusuf kepada Kantor Berita RMOL, Minggu (23/6).

Menurut Asep, jika keputusan Majelis Hakim MK dinilai ada yang aneh maka akan banyak pertanyaan di masyarakat.

"Ya masyarakat sebetulnya sangat menantikan bahwa hakim itu penuh dengan pertimbangan dengan tulus dan jujur ya, kalau ada hal-hal aneh dalam pertimbangannya lalu diputuskan juga aneh, itu mungkin banyak dipertanyakan," ucap Asep.

Asep melanjutkan, jika keputusan majelis hakim MK dipaksakan untuk memenangkan salah satu pihak maka keributan hampir pasti terjadi.

"Tapi kalau ada hal-hal yang aneh keputusannya dengan pertimbangan yang dipaksakan hanya untuk memenangkan salah satu pihak, ya akan ramai memang," katanya.

Lebih lanjut ia berharap, keputusan Majelis Hakim MK diharapkan benar-benar secara objektif dan dapat memperkuat argumentasi supaya masyarakat akan terima.

"Jadi kalau hakim betul-betul objektif dengan argumentasi yang sangat kuat, dia tunjukkan kepada publik ya mungkin publik akan terima begitu. Sangat bergantung pada pertimbangan hakim yang bermutu yang berkualitas gitu, itu yang akan meredamkan kemarahan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA