Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua MK: Kami Bertanggung Jawab Kepada Allah SWT Atas Putusan Sengketa Pilpres 2019

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 27 Juni 2019, 15:54 WIB
Ketua MK: Kami Bertanggung Jawab Kepada Allah SWT Atas Putusan Sengketa Pilpres 2019
Anwar Usman/Net
rmol news logo Sidang pembacaan putusan sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2019 akan dibacakan dalam beberapa jam mendatang. Sidang putusan sudah dibuka secara resmi oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, Kamis (27/6).

Ada yang menarik saat Anwar Usman membuka sidang. Pasalnya, ia dengan tegas menyatakan siap bertanggung jawab atas segala putusan yang diambil.

Tak hanya di hadapan rakyat Indonesia, Anwar Usman juga siap mempertanggungjawabkan putusannya itu dihadapan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.

"Kami akan mempertanggungjawabkan putusan ini kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," tegas Anwar Usman, di Ruang Sidang MK, Jakarta, Kamis (26/6).

Anwar Usman menyebutkan, dasar dari kesiapannya bertanggung jawab itu adalah dua ayat Al Quran yang menurutnya sama-sama disebutkan oleh pihak Pemohon dalam hal ini Prabowo-Sandi, dan pihak terkait, Jokowi-Maruf.

"Sesuai amanah Allah dalam surat An Nisa 58 dan 135, serta surat Al Maidah ayat 8, sebagaimana yang diungkap pemohon dan pihak terkait," ujarnya.

Surat An Nisa 58 menjelaskan tentang perintah Allah agar menyerahkan segala urusan dan amanah kepada yang benar-benar berhak menerimanya. Kepada yang diberi amanah, Allah memerintahkan agar berlaku adil dalam memutuskan perkara.

Sementara An Nisa 135, Allah memerintahkan kepada setiap orang yang beriman agar menjadi golongan penegak keadilan dan menjadi saksi karena Allah. Selain itu, Allah juga memerintahkan orang beriman untuk tidak mengikuti hawa nafsu dalam memutuskan suatu perkara.

Sedangkan ayat ketiga yaitu Al Maidah ayat 8, Allah menegaskan kepada setiap orang yang beriman untuk tidak menjadikan faktor kebencian untuk tidak berlaku adil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA