Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Puji Kepemimpinan Indonesia Dan Outlook ASEAN Soal Indo-Pasifik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 28 Juni 2019, 11:31 WIB
Jepang Puji Kepemimpinan Indonesia Dan Outlook ASEAN Soal Indo-Pasifik
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menlu Jepang Taro Kono/Humas Kemenlu
rmol news logo Menteri Luar Negeri Jepang, Taro Kono menyambut baik Outlook ASEAN mengenai Indo-Pasifik serta menghargai kepemimpinan Indonesia di kawasan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kamis kemerin (27/6), Menlu RI Retno Marsudi telah melakukan Pertemuan Bilateral dengan Menlu Kono, di Osaka, Jepang.

Kedua Menlu membahas mengenai perkembangan situasi di Rakhine State, selain itu Menlu Kono juga menyampaikan apresiasi terhadap peran The ASEAN Coordinating Centre for Humanitarian Assistance on Disaster Management (AHA Centre).

"AHA Centre telah melakukan tugas yang baik," kata Menlu Kono, melalui keterangan tertulis Humas Kemenlu, Kamis malam (27/6).

Selain soal AHA Centre, kedua Menlu berharap agar perundingan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dapat diselesaikan pada akhir tahun ini.

Termasuk soal hubungan bilateral, kedua Menlu juga sepakat bahwa pertemuan 2+2 Menlu dan Menteri Pertahanan (Menhan) dari kedua negara ini dapat diselenggarakan pada paruh kedua tahun 2019.

Adapun yang dibahas dalam pertemuan tersebut, kedua Menlu menyambut baik selesainya perundingan General Review Kerjasama Kemitraan Ekonomi (IJEPA), dan berkomitmen untuk menyelesaikan pembahasan protokol amandemen IJEPA sebelum akhir tahun 2019.

Selain itu juga, kedua Menlu juga berkesempatan membahas kemajuan ketenagakerjaan dengan telah ditandatanginya nota kesepahaman kerjasama penempatan tenaga kerja berketrampilan spesifik, dan nota kesepahaman kerjasama teknis untuk program pemagangan di Jepang.

Melalui kesepakatan tersebut, tenaga kerja terampil Indonesia, termasuk tenaga kerja magang Indonesia di Jepang, kini memiliki kesempatan lebih besar untuk mengisi bidang pekerjaan di sektor formal, seperti kesehatan, pertanian, perikanan dan otomotif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA