Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hendarsam Ungkap Alasan Sengketa Pilpres 2019 Tidak Dibawa Ke Mahkamah Internasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 29 Juni 2019, 19:44 WIB
Hendarsam Ungkap Alasan Sengketa Pilpres 2019 Tidak Dibawa Ke Mahkamah Internasional
Hendarsam Marantoko/RMOL
rmol news logo Politikus Partai Gerindra Hendarsam Marantoko mengungkap alasan Paslon Prabowo-Sandi urung membawa kasus sengketa Pilpres 2019 ke Mahkamah Internasional.

Hendarsam menilai, wacana itu memang sempat menyeruak pasca Mahkamah Konstitusi (MK) memutus menolak seluruh gugatan pihaknya terkait sengketa hasil Pilpres. Namun, ia menyebut wacana itu diurungkan setelah melihat ketentuan dan landasan hukum yang ada.

"Kurang tepat juga jadi kalau itu di bawa ke Mahkamah Internasional, karena kewenangan MI terkait masalah bilateral negara," jelasnya di Jakarta, Sabtu (29/6).

Hendarsam pun menjelaskan yang dimaksud dengan bilateral negara tersebut, yaitu menyangkut kepentingan negara bukan perseorangan.

"Jadi yang melakukan permohonan dari negara ke negara, jadi bukan masalah internal perorangan apalagi paslon tertentu," katanya.

"Jadi selain dari sisi sosial, hukum, dan politik, memang Mahkamah Intetnasional tidak atau bukan jalan yang tepat bagi kita mengajukan proses hukum selanjutnya," Hendarsam.

Wacana ini menyeruak setelah Prabowo Subianto menyatakan akan berkonsultasi dengan tim hukumnya untuk menyiapkan langkah hukum berikutnya usai permohonan di tolak MK. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA