Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD: Politik Indonesia Selalu Berujung Rekonsiliasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Minggu, 30 Juni 2019, 01:39 WIB
Mahfud MD: Politik Indonesia Selalu Berujung Rekonsiliasi
Mantan Ketua MK, Mahfud MD/Net
rmol news logo Pasca Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019, hingga kini masing-masing calon presiden baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto tak kunjung melakukan pertemuan.

Hal ini disoroti publik lantaran tak sedikit yang berharap keduanya saling bertemu untuk mendinginkan suhu politik pasca Pilpres.

Namun demikian, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD memiliki padangan lain. Menurutnya, kontestasi politik di Indonesia selalu berujung dengan rekonsiliasi.

"Dalam politik di Indonesia rekonsiliasi selalu terjadi karena tidak bisa menghindar," kata Mahfud dilansir Antara, Sabtu (29/6).

Baginya, hal itu sejalan dengan budaya yang sudah berjalan di Tanah Air, khususnya budaya politik yang tak pernah mencatat permusuhan antarpartai politik berlangsung lama.

Di sisi lain, ia mengapresiasi sikap partai politik yang terlihat sudah mulai membangun komunikasi dengan parpol lain. Sebab baginya, Pilpres sudah selesai.

"Sudah selesai, tidak ada lagi musuh karena pemilu itu bukan untuk membangun musuh tetapi mencari pemimpin dan sesudah pemimpin terpilih ya diterima bersama," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA