Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertemuan Semenit Jokowi-Abe Layak Dicatat Guinness Book Of Record

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 03 Juli 2019, 19:36 WIB
Pertemuan Semenit Jokowi-Abe Layak Dicatat Guinness Book Of Record
Shinzo Abe dan Joko Widodo/Net
rmol news logo Pertemuan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Jepang Shinzo saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 menjadi sorotan. Sebab, durasi pertemuan keduanya tidak lebih dari 60 detik.

Ketua DPP Partai Gerindra Iwan Sumule bahkan menyebut pertemuan semenit itu layak mendapat rekor dunia dari Guinness Book Of Record.

"1 menit pertemuan bilateral Shinzo Abe dan Jokowi patut dicatat dalam "Guinness Book Of Record" sebagai pertemuan tersingkat," ujarnya dalam status yang ditulis di laman Facebook pribadi sesaat lalu, Rabu (3/7).

Lebih lanjut, dia ingin pertemuan singkat serupa juga terjadi saat Jokowi menemui ketua umum Gerindra Prabowo Subianto. Apalagi di balik durasi yang singkat, Jokowi disebut berhasil membahas dua kerjasama dengan Abe.

"Pertemuan Prabowo dan Jokowi yang konon dilakukan bulan Juli ini, kiranya dapat seefektif dan seefisian pertemuan Abe-Jokowi," sindir Iwan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Febrian Ruddyard menjelaskan bahwa ada dua hal yang dibahas Jokowi-Abe meskipun hanya bertemu semenit.

Dua kerjasama yang dibahas adalah Perjanjian Kerja Sama Ekonomi Jepang-Indonesia (IJEPA) dan Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP).

"Di tengah keterbatasan waktu PM Jepang yang sedang pimpin sidang G20, (Jokowi) masih dimungkinkan memiliki quality time untuk bertemu dan bahas IJEPA dan RCEP yang sangat penting bagi kerjasama kedua negara dan dalam kerangka ASEAN," ungkap Febri kepada Kantor Berita RMOL.

Durasi pertemuan Jokowi dengan Abe berbeda dengan pertemuan Abe dengan kepala pemerintah negara lain yang terbilang lama. Seperti dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Abe menghabiskan waktu lebih dari satu jam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA