Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sodorkan 10 Menteri, Wasekjen PKB: NU Sangat Berjasa Menangkan Jokowi-Maruf

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 06 Juli 2019, 11:56 WIB
Sodorkan 10 Menteri, Wasekjen PKB: NU Sangat Berjasa Menangkan Jokowi-Maruf
Dskusi publik bertajuk "Ribut Rebut Kursi Menteri"/RMOL
rmol news logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) belakangan semakin agresif pasca Jokowi-Maruf ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019. Agresifitas itu disinyalir atas kontribusi warga Nahdlatul Ulama (NU) menenangkan paslon 01.

Bahkan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin terang-terangan meminta jatah 10 kursi menteri di kabinet Jokowi-Maruf.

Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Daniel Johan mengatakan, usulan PKB itu bagian dari menyalurkan aspirasi kaum Nahdliyin.

"Kan PKB itu dilahirkan oleh NU, tapi kan PKB bukan NU. Tentu itu suatu yang terpisah. Nah, persoalan ada aspirasi bahwa NU juga bisa diberikan keprecayaan duduk dalam kabinet saya rasa wajar saja. Karena NU kan juga memang bagian yang sangat bekerja keras kemarin," kata Daniel saat diskusi publik bertajuk "Ribut Rebut Kursi Menteri" di Jalan Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (5/7).

Dia juga membantah bahwa ketua umumnya terkesan lebih agresif dalam meminta porsi jatah menteri. Menurutnya, Cak Imin hanya memompa semangat kaum millenial.

"Bukan agresif, tapi dia (Cak Imin) mewakili anak muda yang semangat," kata Daniel.

Sebab, lanjut Daniel, PKB tetap menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi terkait 10 nama calon menteri yang sudh diajukan.

"Ya jadi Cak Imin sudah mengajukan 10 nama ke pak Jokowi, tetapi ya pada akhirnya pak Jokowi yang akan menetukan sendiri," pungkasnya.

Selain Daniel Johan, pembicara lain politisi PDIP Zuhairi Misrawi, politisi Perindo Ricky K. Margono, politisi Golkar Meutia Hafid, pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, ekonom INDEF Enny Sri Hartati dan kader HMI Saddam Aljihad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA