Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden PKS: Ada Empat Penyakit Politik Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 06 Juli 2019, 12:15 WIB
Presiden PKS: Ada Empat Penyakit Politik Indonesia
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M. Sohibul Iman/Net
rmol news logo Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M. Sohibul Iman berharap posisi Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dalam kehidupan bangsa hendaknya berada pada level high politics.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"ICMI harus bermain pada high politics di garis kecendekiakawanan pemersatu bangsa. Jangan low politics, politik pragmatis yang temporer dan bersifat transaksional," ujar Sohibul saat menghadiri silaturahim kebangsaan untuk persatuan ICMI di Hotel Westin, Jakarta, Jumat kemarin (5/7).

Mantan rektor Universitas Paramadina ini juga menyampaikan ada empat penyakit dalam politik nasional. Pertama high cost politics. Kekuasaan berputar di orang-orang itu saja yang memiliki uang.

"Bukan pada kapasitas dan integritas tapi lebih pada 'isi tas'," ucap Sohibul dalam keterangan tertulisnya.

Penyakit kedua adalah oligarki politik, dan ketiga interlocking politics. Maksud interlocking politics adalah, saling mengunci antar kepentingan politik.

"Dan keempat politik involutif. Riuh rendah politik berputar pada dirinya sendiri tapi tak memberi spill effect kepada perbaikan ekonomi dan sosial kita," ungkapnya.

Sohibul juga mengingatkan agar seluruh elemen bangsa ini waspada pada jebakan middle income trap.

"Ketika sampai lebih dari 30 tahun berada pada fase ini, negara terancam menjadi apa yang disebut failed state. Kita harus memperhatikan betul tentang ini," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA