Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Presidential Threshold 20 Persen Pintu Masuk Oligarki Dan Dagang Sapi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 10 Juli 2019, 00:24 WIB
Rizal Ramli: Presidential Threshold 20 Persen Pintu Masuk Oligarki Dan Dagang Sapi
DR. Rizal Ramli/Repro
rmol news logo Syarat 20 persen suara bagi partai politik atau gabungan partai politik dalam mencalonkan presiden menjadi pintu masuk kaum oligarki untuk mendominasi politik Indonesia.

Pada gilirannya, ketika pemerintahan baru terbentuk, kelompok oligarki ini juga yang mendorong terjadinya politik dagang sapi.

Dengan demikian, apabila Indonesia ingin mendapatkan pemerintah dari proses politik yang sehat, yang bekerja untuk kepentingan rakyat, syarat presidential threshold harus diturunkan ke angka yang memungkinkan figur-figur terbaik ikut dalam kompetisi politik.

Demikian dijelaskan ekonom DR. Rizal Ramli ketika tampil dalam dialog Indonesian Lawyer Club (ILC) di TVOne, Selasa tengah malam (9/7).

“Pembatasan threshold 20 persen membuat capres Indonesia tersandera oleh oligarki politik dan ekonomi. Dukungan partai mesti dibayar dengan ‘dagang sapi’ mentri dan transaksi uang,” ujarnya.

Apabila threshold terutama untuk pemilihan presiden dihapuskan maka rakyat akan memiliki banyak pilihan.

“Banyak calon tidak masalah. Toh pada putaran dua tinggal dua calon. Lalu koalisi terbentuk secara natural, bukan karena uang dan dagang sapi,” demikian Rizal Ramli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA