PAN DKI Jakarta Manut Larangan Amien Rais Tak Gabung Jokowi-Maruf

Kamis, 11 Juli 2019, 22:09 WIB | Laporan: Diki Trianto

Amien Rais/Net

Di tengah isu bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke kubu pemerintah, Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) PAN DKI Jakarta justru bergeming.

Wakil Ketua DPW PAN DKI Jakarta, Sugiyanto menjelaskan bahwa kader PAN Ibu Kota memilih netral dan menghormati nasihat Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais yang meminta petinggi PAN tak tergiur bergabung ke koalisi Jokowi-Maruf.

Sebab bagi DPW, Amien Rais adalah tokoh besar dan ulama yang harus didengar, selain juga sebagai pendiri PAN.

"Pak Amin itu tokoh besar, pakar politik, dan seorang ulama. Pengetahuannya lengkap, baik tentang ilmu politik, dunia, dan ilmu akhirat. Jadi, wajib dihormati,” kata Sugiyanto dilansir Kantor Berita RMOLJakarta, Kamis (11/7).

Menurutnya, nasihat Amien Rais sangat diperlukan sebagai masukan bagi PAN dalam mengambil keputusan. Ia pun tak sepakat dengan tudingan otoriter terhadap pesan yang disampaikan Amien.

"Tidak ada makna otoriter dari nasihat beliau. Nah, kader cerdas akan merujuk pada aturan partai, bukan menandingi pendapat Pak Amien. Karena hanya keputusan partailah yang akan dipatuhi kader partai, termasuk juga Pak Amien,” tegasnya.

Ia mengamini bahwa di dalam politik tidak ada teman dan lawan yang abadi melainkan seni untuk menjadikan sesuatu yang tidak mungkin terjadi, tetapi bisa terwujud.

Meski demikian, hal itu harus dijalankan sesuai aturan partai berdasarkan kepentingan rakyat dengan tetap menghormati pendiri partai.

"Ilmu seni berpolitik Pak Amien itu tinggi. Beliau disegani baik oleh lawan ataupun kawan. Jadi, kan aneh bila ada kader PAN yang tidak menghormati beliau,” pungkasnya.
Editor: Diki Trianto

Kolom Komentar


Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019
Video

Anies Makin Berprestasi Makin Dicaci?

Senin, 22 Juli 2019