Luhut Tidak Lagi Menonjol Di Lingkaran Jokowi

Minggu, 14 Juli 2019, 15:15 WIB
Laporan: Ahmad Kiflan Wakik

Luhut Binsar Panjaitan/Net

Sosok Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mencuri perhatian lantaran tidak hadir dalam pertemuan Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, Sabtu (13/7) kemarin.

Pasalnya, Luhut dikenal sebagai orang paling dekat dengan Jokowi. Untuk urusan apapun, Luhut selalu memberikan masukan dan kerap kali mendampingi Jokowi dalam melaksanakan kegiatan.

Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago menyebut tidak hadirnya Luhut bisa menjadi sinyal purnawirawan TNI berbintang empat itu telah pudar ketokohannya di lingkaran Jokowi.

"Selama ini yang menonjol itu memang Luhut, namun belakangan ada Moeldoko (Kepala Kantor Staf Kepresidenan) dan Wiranto (Menko Polhukam)," ujar Pangi kepada Kantor Berita RMOL, Minggu (14/7).

Pangi juga menyoroti keberadaan Kepapa Badan Intelejen Negara (BIN), Budi Gunawan. Dia menduga operator pertemuan Jokowi dan Prabowo adalah Budi yang belakangan mulai dekat dengan Jokowi.

"BG juga menonjol akhir-akhir ini karena dianggap otak intelektual arsitektur perancang berhasilnya pertemuan Jokowi dengan Prabowo," pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

Rizal Ramli Tidak Setuju Ahok Pimpin BUMN

Minggu, 17 November 2019
Video

Mahasiswa Harvard Bubar Saat Dutabesar Israel Mulai kuliah Umum

Minggu, 17 November 2019
Video

Ingatkan Sukmawati, Sultan Tidore: Kita Semua Anak Pejuang

Minggu, 17 November 2019