Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sengketa Pileg Sepi Perhatian, Padahal Banyak Aktor Yang "Bermain" Dibanding Pilpres

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Selasa, 16 Juli 2019, 01:59 WIB
Sengketa Pileg Sepi Perhatian, Padahal Banyak Aktor Yang "Bermain" Dibanding Pilpres
Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini/RMOL
rmol news logo Proses Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 masih berlangsung di Mahkamah Konstitusi. Namun, masyarakat terlihat abai terhadap persidangan ini. Hal ini berbeda dengan sengketa hasil Pilpres 2019 lalu.

Melihat fenomena ini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini mengharapkan masyarakat tidak mengabaikan seluruh perselisihan hasil Pileg di MK.

"Publik dalam hal ini masyarakat sipil, masyarakat luas perlu memberikan perhatian yang baik kepada perselisihan hasil di Mahkamah Konstitusi," ucap Titi Anggraini kepada awak media di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (15/7).

Kurangnya minat masyarakat dalam mengawal proses peradilan sengketa Pileg 2019 disayangkan pihaknya. Padahal, kata dia, Pileg yang menghasilkan wakil rakyat adalah pertarungan aktor-aktor yang memiliki berbagai kepentingan paling banyak dibanding Pilpres.

"Nah sayangnya perhatian kita tidak lebih besar daripada perhatian terhadap Pilpres. Padahal kepentingan terhadap kelembagaan legislatif yang bersih, yang antikorupsi dan kredibel itu sangat mutlak," katanya.

"Jadi harapannya kita tidak meninggalkan perselisihan hasil di Mahkamah Konstitusi, tidak menurunkan atensi kita dan harus mengawal dengan proposional proses yang berlangsung, apalagi substansial permohonannya luar biasa," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA