Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Loyalitas Dan Kinerja, Faktor Utama Jokowi Pertahankan Menteri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 16 Juli 2019, 17:24 WIB
Loyalitas Dan Kinerja, Faktor Utama Jokowi Pertahankan Menteri
Jokowi/Net
rmol news logo Faktor loyalitas dan kinerja akan menjadi pertimbangan utama bagi Presiden Joko Widodo mempertahankan menterinya di periode kedua.

Begitu kata peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Arya Fernandes menanggapi pengakuan Jokowi yang akan mempertahankan sejumlah menterinya di periode kedua.

Menurutnya, mantan walikota Solo itu juga bisa mempertahankan menteri dari parpol yang profesional sebagai jalan tengah. Sehingga dengan jaringan yang kuar di partai bisa membuat kebijakan-kebijakan strategis didukung oleh dewan.

"Artinya dia orang partai, tetapi punya kompetensi yang baik di bidangnya, jadi politisi professional. Ini akan menjadi jalan tengah,” tegasnya dalam keterangan tertulis yang diterima Selasa (16/7).

Tidak hanya itu, Jokowi juga akan mempertimbangkan faktor kerja sama tim para menteri tersebut. Jika ada kecocokan, maka menteri-menteri itu kemungkinan besar akan dipertahankan.

Sementara itu, politisi PPP Amir Uskara mengakui ada beberapa menteri yang masih layak menjabat. Menurutnya, tidak sedikit menteri Jokowi yang sukses dalam periode pertama.

“Kalau saya lihat masih cocok dan kompeten. Menurut saya dipertahankan karena terbukti bagus kinerjanya," imbuhnya.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Amin, Abdul Kadir Karding meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk tetap menyembunyikan nama menteri yang akan dipertahankan. Dikhawatirkan jika nama disebut maka akan menjadi bahan menaikkan pamor atau juga menjatuhkan seseorang.

"Ada beberapa orang yang betul-betul bekerja keras dan betul-betul penuh kesungguhan,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA